Inilah Beberapa Hal yang Dipersiapkan Jika Indonesia Lockdown Cegah Virus Corona

Lockdown adalah upaya yang dilakukan dalam menutup penyebaran infeksi virus corona dalam skala besar dan beberapa negara terjangkit sudah menerapkannya. Namun Indonesia sendiri masih belum menerapkannya, tetapi menerapkan social atau physical distancing. Walaupun demikian Indonesia bisa saja mengalami lockdown dan jika mengalami hal tersebut banyak hal yang perlu dipersiapkan dan direncanakan supaya kebijakan ini dapat didukung sepenuhnya oleh masyarakat serta tidak kesal dengan kebijakan pemerintah.

Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan jika Indonesia melakukan lockdown diantaranya:

Inilah Beberapa Hal yang Dipersiapkan Jika Indonesia Lockdown Cegah Virus Corona
  • Adanya kebijakan lockdown akan menyebabkan penutupan pada akses masuk dan keluar pada suatu daerah, kebijakan ini dibarengi dengan jaminan kebutuhan untuk kesehatan, suplay makanan dan pendidikan, hal yang perlu dipersiapkan adalah dana darurat yang dibutuhkan untuk keperluan mendesak setidaknya 3 hingga 6 kali lebih besar dari pengeluaran bulanan dan jumlah ini adalah hitungan aman untuk biaya cepat.
  • Mulai mempersiapkan bahan makanan walaupun toko bahan pangan hingga apotek tetap buka namun sebaiknya memilih bahan makanan mentah hingga makanan kaleng atau frozen food untuk membantu daya tahan tubuh didukung penyediaan buah dan sayuran. Dapat juga menyediakan makanan ringan seperti cemilan dan minuman teh atau kopi namun jangan berbelanja secara lebih dan jika belanja lebih akan menyebabkan ketidakseimbangan antara demam dan supply yang membuat harga barang menjadi melonjak.

Walaupun raga harus berpisah sementara dari orang lain dan melakukan pembatasan sosial dalam skala besar namun tetap dapat melakukan komunikasi dengan panggilan video dengan teman, saudara maupun rekan kerja. Tidak ada salahnya juga membagikan kalimat positif untuk saling menguatkan dan membagikan informasi yang benar mengenai virus corona serta hindari untuk membuat orang lain menjadi panik dengan penyebaran berita yang tidak benar.

Berada dalam rumah untuk waktu yang tidak ditentukan membuat banyak rasa cemas dan kepanikan tercipta. Jika memang diperlukan hubungi tenaga profesional secara online untuk menangani masalah kesehatan fisik maupun mental dengan memanfaatkan aplikasi Halodoc yang tersedia secara online dan menjawab dengan cepat setiap pertanyaan dan keluhan karena saat ini pemerintah menyarankan untuk tidak mengunjungi fasilitas kesehatan yang membuat infeksi Covid-19 memungkinkan terjadi. Adanya kebijakan work from home membuat semua pekerjaan dilakukan dari rumah dan membuat pekerja dapat bebas mengerjakan pekerjaan tanpa harus menggunakan pakaian formal dan hanya perlu santai dan tidak perlu khawatir jika merasa tidak produktif karena banyak hal yang dapat dilakukan selama di rumah. walaupun lockdown diberlakukan tetapi tubuh harus tetap dalam keadaan bersih dengan mencuci tangan dengan baik dan tidak menyentuh area wajah ketika tangan kotor dan menerapkan etika saat batuk dan bersin.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan jika terjadi lockdown di rumah:

  • Menambah waktu tidur yang selama ini terbuang dan tidur yang baik akan memberikan kualitas untuk daya tahan tubuh dalam menangkal berbagai virus yang masuk dalam tubuh.
  • Memasak maupun belajar memasak dengan mengikuti tutorial secara online dari youtube dan menjadi alternatif jika sudah bosan dengan menu biasanya.


Selain itu kegiatan yang dilakukan selama di rumah supaya tidak bosan adalah dengan berkebun. Berkebun merupakan cara diri untuk peduli dengan gaya hidup sehat dan peduli dengan alam, dengan cara menanam organik dan menjadi pemasok bahan makanan alami. Untuk mencegah penyebaran virus corona banyak tempat belanja yang menerapkan belanja online dan ini dapat dimanfaatkan untuk berjualan online dengan keuntungan yang cukup besar.
Inilah Beberapa Hal yang Dipersiapkan Jika Indonesia Lockdown Cegah Virus Corona Inilah Beberapa Hal yang Dipersiapkan Jika Indonesia Lockdown Cegah Virus Corona Reviewed by roni setiawan on 22.21 Rating: 5

Tidak ada komentar