5 Alasan Pendidikan Seni Penting untuk Anak di Masa Pandemi Corona

pendidikan


Pendidikan seni, khususnya yang berkaitan dengan visual, memiliki peran penting bagi kalangan siswa. Terlebih saat pandemi corona, ilmu tersebut dapat membantu banyak hal secara krusial!

Keterampilan seni adalah bagian penting dalam pendidikan. Jika diasah dengan baik, ia mampu meningkatkan banyak hal positif dalam diri seseorang.

Saat ini, kondisi pendidikan di seluruh dunia berubah karena harus beradaptasi dengan wabah corona. Tak sedikit lembaga yang diliburkan demi menekan angka penyebaran virus tersebut.

Lewat keadaan tersebut, tak hanya siswa yang harus menyesuaikan diri dengan keadaan, namun juga tenaga pengajar. Seluruh mata pelajaran disampaikan dalam jaringan, tak terkecuali seni.

Mengingat jarak yang cukup jauh, tidak sedikit materi pembelajaran dipangkas untuk menghemat waktu. Ironisnya, pendidikan seni kerap kali diabaikan.

Berangkat dari pernyataan di atas, perlu dipahami bahwa pendidikan seni tak kalah pentingnya dengan ilmu lain. Maka dari itu, ia harus tetap dipertahankan dalam kurikulum daring.

Apa saja alasan pendidikan seni penting di masa pandemi corona? Agar lebih jelas, simak poin-poinnya sebagai berikut...

5 Alasan Penting Pendidikan Seni di Masa Pandemi Corona

1. Meningkatkan Kemampuan Akademik

Seni mampu meningkatkan keterampilan motorik halus dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Itu mengapa seni penting untuk dilibatkan dalam kurikulum.

Sebagai contoh, menggambar dan menciptakan karya visual dapat membantu anak mengembangkan koordinasi otak dan ketangkasan fisik yang lebih baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pendidikan seni mampu meningkatkan kemampuan mata pelajaran seperti menulis, matematika, dan sains hingga empat kali lipat!

2. Melatih Kestabilan Emosi dalam Diri

Seni memberi anak-anak input sensorik kritis dan sarana ekspresi perasaan dengan cara multidimensi. Hal ini berpengaruh bagi mereka yang sulit dalam mengungkapkan emosi.

Selama masa pandemi, tak sedikit orang stres karena harus berdiam diri di rumah. Usia anak juga mengalami hal serupa, sehingga perasaan negatif tersebut harus diolah sedemikian rupa.

Pada dasarnya, pendidikan seni adalah gerbang bagi anak dalam memulai imajinasi dan memantik rasa ingin tahu mereka. Dengan begitu, kecerdasan emosional akan lebih terasah.

3. Memunculkan Jiwa Terampil dan Kreatif

Alasan lainnya pendidikan seni penting untuk anak adalah sanggup mendorong kreativitas serta jiwa kreatif. Mereka akan terbiasa dengan berbagai jenis metode pemecahan masalah.

Faktanya, kreativitas dan pemikiran imajinatif adalah dua hal yang sering dikaitkan dengan kesukesan profesional jangka panjang. Ya, ini berlaku buat semua bidang mata pelajaran.

Merujuk pada studi International Child Art Foundation, seorang anak yang terbiasa dengan pendidikan seni memiliki kemampuan khusus dalam berpikir, menjadi orisinal, menemukan hal baru, hingga berinovasi untuk hal-hal besar.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Pelajaran seni tak lepas dari stimulasi akan bagaimana seorang anak memilih metode paling tepat dalam membuat prakarya. Semakin terbiasa dengan cara yang diambil, maka semakin percaya diri pula dia dalam menempuh jalan tertentu.

Semakin tinggi kepercayaan diri seseorang, semakin berani pula dia bereksperimen dan mencoba berbagai hal. Kelak hal tersebut dapat membantu anak merasa lebih nyaman dalam mengekspresikan perasaan mereka.

Berdiam diri di rumah, bukan berarti hanya memerhatikan pelajaran tanpa melakukan eksplorasi. Agar anak betah dan terus meningkatkan kemampuan diri, ia mesti dipancing dengan sederet aktivitas yang mengharuskan mereka berkreasi, salah satunya pelajaran seni.

5. Membangun Ikatan Sosial yang Kuat

Selagi wabah corona masih merebak, bukan berarti ikatan sosial tak dapat dibangun secara optimal. Salah satu metode untuk anak meningkatkan kemampuan tersebut adalah lewat seni.

Seni dapat membantu memfasilitasi komunikasi dan ikatan di antara anak-anak, bahkan jika mereka tidak saling mengenal atau tidak memiliki banyak minat bersama.

Sebagai contoh, meski jarak terpisahkan, namun tugas pelajaran seni yang berkelompok dan berbasis online dapat menjadi acuan bagi anak untuk bersikap kooperatif satu sama lain. Mereka akan dituntut berbagi, bergiliran, dan saling membantu guna mencapai kepuasan bersama.

***

Itulah tadi alasan mengapa pendidikan seni sangat penting di masa pandemi corona. Selain kegiatan belajar-mengajar, orang tua juga dapat mengasah kemampuan anak di bidang seni dengan melibatkan sejumlah permainan interaktif menarik. Selamat mencoba!

5 Alasan Pendidikan Seni Penting untuk Anak di Masa Pandemi Corona 5 Alasan Pendidikan Seni Penting untuk Anak di Masa Pandemi Corona Reviewed by eat on 21:33 Rating: 5

No comments