Ini Dia Beberapa Salah Kaprah yang Terjadi dalam Dunia Pendidikan

Pastinya semua orang akan setuju dengan pendapat bahwa pendidikan merupakan modal penting agar seseorang menjadi pribadi yang lebih baik di masa mendatang. Seorang anak yang mendapatkan pendidikan lebih tinggi akan memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa menjawab tantangan di masa depan. Dengan begitu ia akan memiliki kesempatan yang lebih layak sebagai orang dengan besar dibandingkan mereka yang kurang mendapatkan pendidikan. Meski begitu, pada kenyataannya banyak hal yang salah kaprah dalam dunia pendidikan. 
 
 Hasil gambar untuk salah kaprah dalam pendidikan
 
Para orang tua sebaiknya menyadari hal tersebut sejak dini sehingga bisa meluruskan pola didiknya pada buah hati agar tak ikut arus menjadi orang tua yang salah kaprah. Apa saja hal yang sepertinya benar namun pada kenyataannya menjadi kurang tepat? Berikut ini daftarnya untuk Anda:

  • Anak yang unggul secara akademik akan selalu memiliki masa depan lebih baik dibandingkan anak lainnya. Anggapan ini umum dimiliki oleh para orang sehingga kepintaran dan kecerdasan anak dinilai dari nilai akademiknya. Padahal nilai akademik yang didapatkan dari ujian sebagian besar adalah dari kemampuan mereka menghafal materi yang diberikan oleh guru. Sedangkan keberhasilan seseorang di masa depan lebih dipengaruhi oleh pemahaman dan cara mengaplikasikan pemahaman tersebut di dunia nyata.
  • Nilai yang tinggi merupakan tujuan akhir pendidikan. Nilai selalu menjadi tujuan akhir yang diminta oleh orang tua bahkan guru. Padahal tak jarang karena hal tersebut, anak justru melupakan apa yang lebih penting yaitu bagaimana cara mendapatkan ilmu itu sendiri dengan cara yang jujur. Nilai juga hanya merepresentasikan sedikit dari intisari ilmu yang diajarkan karena dihasilkan dari hafalan semata.
  • Anggapan bahwa peran orang tua dalam proses belajar anak tak terlalu dibutuhkan. Orang tua kebanyakan hanya mementingkan peranan guru ataupun pembimbing belajar untuk hasil belajar anak saja. Padahal justru peran orang tualah yang paling dibutuhkan agar anak bukan hanya mendapatkan ilmu namun juga menyukainya dan memiliki semangat untuk belajar. Karakter juga dimiliki anak dari peranan orang tua dan bukan dari pelajaran yang diberikan oleh guru.
  • Guru favorit adalah guru yang jarang marah atau guru yang jarang memberikan tugas dan pr. Pilihan anak sebagai murid mengenai guru kesayangan umumnya adalah pada guru yang tidak terlalu memberikan banyak beban pada murid seperti dengan jarang memberikan tugas ataupun jarang memberikan hukuman. Padahal belum tentu guru dengan cara mengajar tersebut memiliki kemampuan mengajar dan memahami substansi pelajaran.

Beberapa anggapan di atas masih melekat di pemikiran para orang tua yang tak jarang justru memberikan dampak negatif pada pendidikan anak khususnya pada pendidikan karakter. Sangat penting untuk mengubah mindset orang tua dan guru agar anak menjadi pribadi yang cerdas baik secara akademik, sosial maupun spiritual untuk masa depan mereka.
Ini Dia Beberapa Salah Kaprah yang Terjadi dalam Dunia Pendidikan Ini Dia Beberapa Salah Kaprah yang Terjadi dalam Dunia Pendidikan Reviewed by Eka Frasisca on 07:47 Rating: 5

No comments