Ingin Motor Lari Makin Kencang? Berikut Ini Beberapa Tipsnya!

Kebutuhan akan transportasi kini sudah sangat tinggi di masyarakat. Salah satu kendaraan yang paling diandalkan adalah motor. Motor sendiri memang kendaraan yang ramah di kantong karena harganya yang tak begitu mahal dan bentuknya yang kecil sehingga mudah untuk menyalip kesana dan kemari. Namun kadang ada kondisi jika kecepatan motor di jalanan kurang bisa memuaskan Anda. Lalu bagaimana? Tentu Anda bisa memodifikasi motor tersebut sehingga bisa dimaksimalkan kecepatannya. 

Hasil gambar untuk motor kencang
 
Untuk para penyuka modifikasi, sudah menjadi rutinitas untuk mengoprek motor dengan membongkar mesinnya. Bagi Anda yang juga ingin menjadikan motor bisa lari lebih cepat, maka berikut ini beberapa tahapan yang bisa dilalui:

  • Piston
 
Dalam pemilihan piston sehingga bisa mengoprek mesin sehingga lari lebih kencang, maka Anda upayakan untuk bisa memilih jenis piston motor yang ringan dibanding piston standar. Untuk meringankan bagian piston, Anda usahakan untuk memotong bagian bawah piston dan dioprek sehingga bagian diameter bisa lebih besar apabila dibandingkan dengan bagian piston standar. Tujuannya tentu saja agar bisa memiliki kekuatan yang ekstra di tendangan mesinnya.

  • Ruang pembakaran

Lanjut dengan mengoprek di bagian pembakaran. Tentu ini penting sehingga kecepatan motornya bisa lebih cepat. Caranya adalah dengan mempersempit di bagian volume ruang pembakaran dengan potong kepala silinder. Dalam pemotongan kepala silindernya bisa menggunakan mesin gerinda agar nantinya kompresi meningkat sehingga kecepatan laju motor pun meningkat.

  • Lubang pembilasan

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah di bagian lubang pembilasan. Lubang pembilasan bisa diperluas sehingga gas baru masuk bisa lebih banyak lagi. Perluasannya bisa diposisikan dengan normal sehingga bisa menyesuaikan modifikasi di bagian lainnya. Dengan cara ini maka keseimbangan perubahan di bagian lain juga bisa sebabkan motor menjadi rusak. Jika memang Anda kurang mahir, maka bisa juga diserahkan ke ahlinya.

  • Pengapian motor

Modifikasi kecepatan juga tak akan bisa dilepaskan dengan bagian pengapian motor. Bagian pengapian motor ini sangat penting dimana tujuannya adalah demi meningkatkan voltase pengapian dengan menambah tenaga listrik. Ubah voltasenya misalnya dengan voltase 6 volt menjadi 12 volt sehingga percikan bunga api di busi menjadi besar.

Itulah beberapa bagian yang harus dioprek jika Anda ingin menambah kecepatan di motor Anda. Jika memang Anda kurang bisa melakukannya sendiri, maka ada baiknya menyerahkannya pada mekanik motor yang sudah terpercaya. Alasannya karena jika ada kesalahan ketika mengoprek, maka bisa membahayakan bagi pengendaranya. Meski kecepatan motor sudah meningkat, ada baiknya Anda tetap menjaga kecepatan motor ketika di jalanan. Alasannya tentu saja sehingga keamanan dan keselamatan berkendara tetap bisa Anda dapatkan.
Ingin Motor Lari Makin Kencang? Berikut Ini Beberapa Tipsnya! Ingin Motor Lari Makin Kencang? Berikut Ini Beberapa Tipsnya! Reviewed by Eka Frasisca on 07:14 Rating: 5

No comments