3 Langkah Penting Merawat Baterai Laptop Agar Usianya Tetap Panjang

Hampir semua perangkat teknologi yang hadir saat ini memang merupakan inovasi dari produk-produk lama yang sudah ada sebelumnya, dibuat dalam konsep yang jauh lebih praktis sehingga memungkinkan untuk dengan mudah dibawa kemana-mana. Contohnya sendiri adalah laptop atau notebook, tentu banyak yang sudah tak begitu asing dengan perangkat teknologi yang satu ini bukan, mengingat hampir semua orang memilikinya. Produk tersebut adakah inovasi dari sebuah komputer. 

Hasil gambar untuk merawat baterai laptop
 
Seperti yang diketahui bahwa komputer memiliki kontribusi yang cukup tinggi di dalam menunjang pekerjaan masyarakat saat ini, dipakai untuk kebutuhan pendidikan atau juga modal usaha, hanya saja karena ukurannya yang jauh lebih besar, sehingga memungkinkannya untuk sulit dibawa kemana-mana, juga haru selalu terhubung dengan aliran listrik. Untuk itulah dibuat versi yang jauh lebih praktis seperti notebook ini. Ia sudah dibekali dengan baterai secara langsung sehingga memungkinkannya bisa dipakai sampai berjam-jam tanpa harus bolak-balik dalam menchargernya.



Hanya saja juga tak bisa dipungkiri jika seandainya baterai pada perangkat yang satu ini juga jadi komponen paling mudah rusak, setidaknya memang ada masa pemakaiannya sampai nantinya mengalami kerusakan, apalagi jika digunakan untuk kerja-kerja berat seperti gaming atau sejenis, maka paling cepat merusak baterai notebook, namun jangan khawatir, berikut ini diantara beberapa tips dalam memperpanjang usianya, yaitu:

  1. Segera lakukan charger ketika baterai sudah menunjukkan angka 15%, lebih baik mencharger sedini mungkin dibandingkan dengan menunggu sampai nantinya baterai benar-benar habis, hal ini disebabkan karena memang semakin sering dibiarkan habis, maka akan mempermudah terjadinya kerusakan baterai, mengingat daya yang ada di dalamnya sudah benar-benar kosong.
  2. Agar kinerja baterai tak terganggu maka pastikan bahwa notebook selalu dalam kondisi yang tetap dingin, biasanya ketika digunakan untuk menonton film dalam waktu yang lama, gaming atau bekerja memang membuat perangkat ini akan jadi cepat panas, batuk dengan cooling pad untuk menjaga agar suhunya tetap stabil, ini berefek juga pada kinerja baterai secara optimal, membuatnya juga tak mudah rusak.
  3. Pastikan untuk menjaga ventilasi notebook tetap bersih, hal lain yang patut diperhatikan adalah ventilasi notebook, bagian yang satu ini memiliki peran penting dalam mengeluarkan udara panas yang berasal dari dalam sehingga suhu bisa tetap stabil, ketika kondisi ventilasi kotor, secara otomatis bisa menyebabkan suhu semakin meningkat, akibatnya tentu sangat buruk karena bisa membuat baterai dan komponen lainnya terganggu kinerjanya.

Mudah bukan, jika terjadi kerusakan baterai laptop sebenarnya bisa diganti dengan yang baru, hanya saja terkadang kualitas tak sama bagus dengan produk baterai asli atau bawaan pabrik, sehingga lebih baik untuk merawatnya dengan benar agar tak mudah rusak.
3 Langkah Penting Merawat Baterai Laptop Agar Usianya Tetap Panjang 3 Langkah Penting Merawat Baterai Laptop Agar Usianya Tetap Panjang Reviewed by Eka Frasisca on 01:35 Rating: 5

No comments